Eddy Sumarna Blog

Artikel Pariwisata

Manfaat Pembelajaran Lintas Budaya Dalam Industri Pariwisata October 31, 2010

Filed under: Uncategorized — eddysoemarna @ 12:23 pm

Salah satu aspek penting yang menentukan kesuksesan pariwisata Internasional suatu bangsa adalah dengan pembelajaran lintas budaya guna memahami perbedaan budaya khususnya berkaitan dengan nilai budaya dan kebutuhan serta persepsi. Pembelajaran lintas budaya dalam kepariwisataan memberikan manfaat yang cukup besar dan terlihat dari kinerja yang dihasilkan oleh kelompok pembelajar lintas budaya dibandingkan dengan kelompok bukan pembelajar lintas budaya.

Manfaat yang dirasakan terutama ketika melakukan interaksi dengan orang lain atau penumpang dari latar belakang budaya yang berbeda. Juga pada saat melakukan komunikasi, hubungan sosial dan pelayanan dimana elemen tersebut merupakan potensi dasar yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dan bahkan mengarah kepada konflik.

Banyak hal yang dapat digali dari pembelajaran lintas budaya karena perbedaan budaya tidak terbatas hanya pada makanan, bahasa dan tari-tarian tetapi juga berkaitan dengan interaksi antar manusia termasuk perilaku non-verbal, kepercayaan, orientasi waktu, sikap, kebiasaan, tradisi, cara berpakaian gerakan tubuh dan hal lainnya. Manfaat lain dari pembelajaran juga dirasakan ketika memberikan pelayanan kepada wisatawan, cara bersikap, cara menanggapi permintaan, cara memenuhi pengharapan atau ekspektasi, cara menghargai pelayanan terutama berkaitan dengan tingkatan pelayanan serta terciptanya atmosfir yang ramah.

Pemahaman terhadap perilaku tersebut memberikan banyak manfaat dan dapat menghindari terjadinya gegar budaya karena perbedaan budaya akan selalu muncul baik dalam komunikasi, hubungan antar manusia dan pelayanan. Perbedaan inilah yang membuat setiap masyarakat menjadi unik dan memiliki identitas tersendiri. Pengaruh perbedaan dalam budaya adalah penting dipahami terutama di dalam industri pariwisata, industri yang sarat dengan suasana antar budaya dan lintas budaya.

Wisatawan dan masyarakat dari latar belakang budaya yang berbeda dapat mengalami kesulitan saat mereka berinteraksi yang bisa menyebabkan gegar budaya. Goncangan budaya terjadi dapat beragam tahapan namun kemampuan seseorang untuk mengatasi masalah tersebut sangat tergantung dari pribadi setiap orang. Jika perbedaan ini jika tidak pahami secara mendalam akan menimbulkan gegar budaya atau kaget budaya. Dengan memahami lintas budaya, diharapkan hubungan dengan individu hingga hubungan antar perusahan yang bersifat multi-nasional menjadi harmonis.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s